Air yang Layak di Kawasan Danau Toba, Dimulai Dari Sini

8:28:00 AM

Meski hidup di perantauan, Danau Toba tetap menjadi destinasi yang kurekomendasikan tiap kali ada teman atau kerabat yang berkunjung ke Medan. Perjalanan yang membutuhkan waktu kurang lebih selama lima jam lewat jalur darat, tak pernah menjadi masalah bagiku jika membayangkan keindahan danau yang satu ini. Terbukti, paras eloknya pun membuat Danau Toba dilirik banyak produser film untuk menjadi setting cerita.
Danau Toba riwayatmu kini... source: marketeers.com
Belum lagi, kenyataan jika ibuku memang tumbuh besar di sana, sehingga tak asing lagi bagiku segala cerita legenda hingga kisah-kisah terdahulu yang memang terjadi di sana. Kata ibuku, dulu dari pagi hingga sore, di pinggiran danau tersebut, ia biasa melihat berbagai aktivitas masyarakat sekitar yang tergantung pada air danau. Mulai dari mencuci, memandikan anak-anaknya, atau mengambil air untuk konsumsi di rumah. Kala itu, tak jarang beberapa di antara mereka, langsung meminum air danau begitu saja karena sangkin jernihnya.

Namun, siapa sangka bila sekarang masyarakat desa pinggiran Danau Toba kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih. Sebenarnya, kalau kita telaah lagi, dampak negatif terhadap ekosistem danau ini terjadi akibat berbagai aktivitas masyarakat sekitar. Mulai dari air minum, MCK, pertanian, perikanan, pariwisata, perhubungan, ataupun kegiatan-kegiatan bisnis, sehingga Danau Toba mengalami perubahan-perubahan ekologis yang membuat kondisinya jauh berbeda dari kondisi alami semula.  

Melihat fakta di lapangan seperti itu, pada bulan April 2018 lalu, telah dibangun filter air bersih di Danau Toba. Dengan memanfaatkan teknologi filtrasi ini, air Danau Toba dapat dimanfaatkan sebagai air minum. 

Hal ini mengingatkanku pada negara tetangga terdekat, yakni Singapura. Pengolahan air limbahnya bisa kita jadikan contoh. Dalam sebuah sistem terowongan bawah tanah, setiap tetes air disaring. Kemudian, melalui proses penyaringan ini dihasilkan air yang layak minum. Ternyata di Negara kita, khususnya wilayah Danau Toba dan sekitarnya, sudah tersentuh pula teknologi canggih untuk mengelola air Bersih tersebut.

Kebutuhan ini Bersih di Danau Toba dapat terpenuhi dengan metode Ultra Filtration Water Treatmen, di mana air Danau Toba melewati penyaringan berlapis untuk memastikan kualitas air yang dihasilkan stabil dan baik. 

Tidak hanya teknologi canggih filtrasi air, di sekolah-sekolah wilayah Danau Toba dan sekitarnya juga didirikan toilet dengan fasilitas lengkap guna menunjang gerakan kebersihan air tersebut. Masyarakat sekitar tentunya sudah tidak perlu memanfaatkan air gunung sebagai konsumsi sehari-hari, tetapi dapat langsung memanfaatkan air di Danau Toba. Tidak hanya untuk kebutuhan rekreasi, Danau Toba sudah menjadi rezeki yang dimanfaatkan wisatawan dan masyarakat lokal sekitar atas limpahan air bersihnya.

  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. Zaman sekarang teknogi memang semakin maju .....

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru tahu kalau tinggal didekat danau malah sulit dapat air. memang kadang banyak orang yang buang sampah sembarangan sehingga kualitas airnya jadi menurun:) kita malah jadi kesulitan dapat air bersih ...

    ReplyDelete
  3. keren juga ya sekarang mengelolah air bisa pakai metode Ultra Filtration Water Treatmen ...

    ReplyDelete
  4. Danau Toba bagus bangettt:)

    ReplyDelete
  5. Medan memang terkenal banget dengan danau Toba nya.

    ReplyDelete
  6. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete
  7. Wah makin sukaaa ke Danau Toba kalau airnya sudah bersih. Aku dan keluarga juga selalu kalau ada tanggal merah di kalender langsung cuss rame-rame ke sana. Nagih ya pemandangan alamnya. Ada gunung ada danau, belum lagi udaranya sejuk dibanding di Medan.. hehe

    ReplyDelete