Menemukan "Jodoh" yang Tepat

1:01:00 AM

Belakangan ini gue hobi banget makan oats. To be honest sih, ini gue lakuin karena takut gendut. Jadilah, gue ganti seporsi nasi dengan gandum yang gue larutkan dalam air mendidih. Tau nggak, problem utama masak oats? LENGKET!

Meskipun udah pakai panci anti lengket, yang namanya oats ini hasilnya kayak lem. Semi bubur gitu, kan. Terus, berkerak pula. Alhasil, kalau ada sisanya nempel di panci, gue bakal diomelin nyokap. Belum lagi, penggunaan panci ini sharing sama kakak gue buat masak MPASI buat anaknya. Makanan bayi tentunya jauh lebih sticky daripada oats gue yang nggak seberapa itu.

Berhubung pengin cari aman, gue pun menggosok si panci dengan kekuatan penuh cinta yang membara. Hasilnya... udah nggak ada yang lengket sih, tapi JADI LECET! Astaga, perkara baru lagi. Keesokan harinya, tampaklah bekas-bekas penganiyaan pada panci kesayangan tersebut. Sungguh memprihatinkan. Gue pun berpikir untuk menggunakan bagian belakang spons yang lembut dan banyak busanya.

Gue berharap, dengan segala kelembutannya, bagian spons ini dapat berjodoh dengan panci gue; membelai dan membersihkannya secara halus. Namun, ini justru kesalahan besar. Panci gue nggak bersih-bersih, bahkan kotoran biasa sekalipun.

Namanya juga anak millenial, dikit-dikit googling. Dan sampailah gue ke berbagai artikel di https://www.britequeen.com/ yang membagikan tip membersihkan rupa-rupa alat masak.

Yang hijau itu untuk alat masak biasa sedangkan si biru lucuk khusus buat alat makan dan masak anti-lengket
Ternyata, kesalahan memang ada pada gue sendiri. Gue tuh, nggak merhatiin, kalo sabut spons hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak biasa, sedangkan ada sabut spons anti-gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket. Yang salah siapa coba? Ya gue-lah! Halah, ngaku aja deh, lo juga baru tau, kan?

Andai kukenal kau dari dulu, panciku tak harus terluka seperti ini....
Dan gara-gara ini, gue menyadari banyak banget bekas goresan pada peralatan makan di rumah. Mulai dari sendok, garpu, piring, maupun gelas. Hiks, coba aja gue tau sabut spons anti-gores Scotch-Brite dari dulu!

For your information, jangan pernah sekali-kali mencuci atau menyiram air dingin ke teflon atau alat masak anti-lengket lainnya saat peralatan itu sedang panas-panasnya. Tunggu hingga benar-benar dingin, barulah si teflon dicuci. Ini agar permukaan anti-lengketnya nggak mudah rusak.

Kalo kotorannya membandel, rendamlah terlebih dahulu agar lebih mudah dibersihkan. Nggak perlulah ikut-ikutan maksa kayak gue ngebersihannya yang berujung goresan di mana-mana. Selain itu, pilihlah sabut spons yang sesuai dengan kebutuhan ya! Jangan disama-samain, deh.

Asyiknya tuh, sabun spons Scotch-Brite 3X lebih cepat, 3x tahan lama. Bentuknya yang pas dalam genggaman seperti tangan abang itu, bikin gue bisa lebih cepat menghilangkan kotoran yang menempel pada perlengkapan di dapur. Terutama karena sabutnya mengandung serat dan mineral berkualitas dan  sabut dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran. Terus, nggak mesti bolak-balik ganti spons tiap bulan sangkin tahan lamanya.

Setelah menemukan "jodoh" yang tepat untuk panci kesayangan gue dan alat masak lainnya, apa udah saatnya gue mencari jodoh yang tepat buat gue sendiri? #laaah

You Might Also Like

17 comments

Comments
17 Comments
  1. baru ngeh ada beda fungsi spon yang satu dengan lainnya, hehe. aku biasa make yang ijo, mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TUH KAN! Berarti aku nggak sendirian, heuheu.

      Delete
  2. Aku juga baru tahu.. biasanya make yang ijo doang buang nyuci apapun.... haha. Thanks tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kan..., emang berbagi yang gini-gini penting juga.

      Delete
  3. yaaampuuun Funy, kirain beneran udah dapat jodoh buat Funy iih :D

    anyway, saya berarti slama ini salah doong. langsung aja guyur si teflon yg abis dipake buat telor dadar dengan air yg mengalir dari kran.. huaaaaaaa.. harus buru2 cari si jodoh ini, eehh Scotch-Brite.

    thanks infonya ya Fun ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih si Mbak mah paling bisa yaaa. Hmmm.

      Ada juga lho, Mbak, yang khusus tempat minum anak. Bentuknya memanjang gitu, terus sabutnya lebih lembut.

      Delete
  4. Ooh jangan disiram air dingin dulu ya

    ReplyDelete
  5. hhaha gue kagak tau kalo spons bermacam macam :v
    wajar aja kali ye soalnya gue cowo hahaha

    ngomong2 infonya bagus nih
    supaya bnyk yg lebih sayang terhadap peralatan masak :v

    ReplyDelete
  6. spon cuci piring aja bermacam-macam ya fun, dan kita harus tau bedainnya. sama kayak urusan nyari jodoh, harus tau mana cowok yang cocok ke kita dan yang nggak *eh hihihii..

    ReplyDelete
  7. wah ini tips bagus nih,, saya yakin IRT juga belum pada tahu jenis jenis spon buat nyuci peralatan dapur.

    makasih buat jodohnya eh :D

    ReplyDelete
  8. Sebagai perempuan, gue merasa belum sempurna haha baru taulah ada spon warna biru :(

    ReplyDelete
  9. Bentuknya yang pas dalam genggaman seperti tangan abang itu, bikin gue bisa lebih cepat menghilangkan kotoran yang menempel pada perlengkapan di dapur


    hiks......


    btw, Saya baru tahu ternyata enggak boleh ya nyiram air dingin langsung ke teflon yang abis dipake, rupanya bikin lapisan anti lengket nya cepet rusak. :(




    ReplyDelete
  10. Baru tahu gue kalo gak boleh nyiram air dingin langsung ke panci anti lengket. Muahahah. Gue malah demen karena suaranya itu lho. Nyesssss. Gitu enak di kuping. \:p/

    ReplyDelete
  11. weleh ternyata spon cuci ada jenis-jenisnya juga to.
    selama ini saya salah berarti...

    terimakasih pencerahannya, haha.

    ReplyDelete
  12. Oke mbak, tulisan Anda kali ini judulnya berhasil membuat gempar -_+

    ternyata... :D

    ReplyDelete
  13. Oalah dikirain menemukan jodoh hidup yang tepat, eh ternyata menemukah jodoh yang tepat untuk panci wkwkw.

    ReplyDelete