Excite Roadblog Medan 2016: Full of Excitement

2:07:00 AM

Belakangan, blogger Indonesia lagi rame-ramenya mengulas soal peranan blogger dalam suatu event. Mulai dari sebagai tukang review kegiatan sampai hanya sebatas tim hore buat menuh-menuhin kuota peserta. Di tengah kicauan para blogger ini, Excite Indonesia malah bikin event khusus buat blogger dan kita yang interest sama dunia blogging.





Kalo boleh jujur (dan harus boleh), sejak balik ke Medan, gue jadi excited berlebihan setiap ada blogger event. Begitu ngelihat flyer Roadblog 10 Cities beredar di timeline dan waktunya bersahabat buat gue, langsung cuss daftar nggak pake mikir dua kali.

Klik.

Formulir pendaftaran udah gue kirim. Selanjutnya, berbagai pertanyaan pun membumbung di kepala.

Itu event yang ngadain siapa, ya? Tujuannya buat apa? Gue bisa dapet apaan? 
Dan gue pun memutuskan buat browsing tentang hal ini. Hehehe, gue paling ogah ikut-ikutan doang tanpa tau tujuan suatu kegiatan. Akhirnya gue menemukan fakta kalo Roadblog 10 Cities digawangi oleh perusahaan media PT Excite Indonesia. Mereka punya fitur andalan yaitu sebuah platform iklan bernama Excite Point
Excite Point adalah program internet yang memberikan poin kepada penggunanya yang dapat ditukarkan dengan barang atau layanan. Pengguna bisa mendapatkan poin dengan cara registrasi keanggotaan, berbelanja, mengisi survei, dan berbagai hal lainnya secara online.
Lah terus, ngapain buat blogger event?

Berdasarkan buah pemikiran pribadi, gue pikir ini berkaitan dengan blogger sebagai key opinion leader yang sedikit banyak mulai diakui keberadaannya. Blogger turut ambil andil dalam membangun engagement di dunia online. Melalui event kayak gini, terciptalah "komunikasi nyata" antara brand dan blogger.

We were in the house yoooo
Peserta dibatasi hanya 100 orang aja. Dan katanya, yang daftar lebih dari 200 orang, lho. Sayangnya, sekitar 20 orang tidak hadir. Duh, Mbak, Mas, meskipun ini event gratisan, pastikan lo sanggup hadir. Kalopun ada yang urgent, carilah temen yang bisa gantiin. Slot lo itu bisa jadi manfaat buat orang lain. Masih banyak yang ngebet buat dateng di luar sana, tapi nggak dapet kursi.

Oke, lanjut. Acara yang bertempat di Clapham Collective, sebuah co-work space lumayan yahud se-Kota Medan, dibuka dengan a-little-speech dari pihak Excite Indonesia. Bang Jo menuturkan bahwa Excite Indonesia membuka peluang bagi para pegiat media sosial di mana aktivitas di dunia maya, bisa membangun sebuah interaksi yang menari. Brands are born of experience. Interaksi + perasaan = engagementHow to curhat jadi duit. Yang intinya bermuara pada menjadikan diri kita dan hobi kita as a brand.

Bang Jo pake pomade apa?
Buzzer = From noise to voice
Selanjutnya, ada presentasi dari perwakilan Traveloka. Di sini beliau bercerita tentang tiga travel stories yang menjadi dasar pembuatan Traveloka. Salah satunya adalah cerita yang bermula dari keribetan si founder, Ferdy Unardi menentukan rute perjalanan buat pulang kampung dari Seattle. Traveloka menggunakan tagline "Travel with no worries" dengan harapan bisa menekan risiko dalam persiapan travel itinerary seseorang.


Bang Indra Manurung pake pomade juga, nggak?
Ada juga penjelasan yang disampaikan oleh Bang Monang Sinambela selaku perwakilan Lembaga Sensor Film RI (LSF RI). Boleh dibilang, ini adalah part yang paling gue suka. Miris soalnya, waktu ke bioskop ngelihat anak kecil ikutan nonton film-film robot atau superhero yang kesannya layak buat mereka. Padahal, meskipun temanya kayak gitu, film tersebut memiliki rating untuk Dewasa. Hmmm... Di sini LSF mulai menggalakkan kampanye "Ayo sensor mandiri". Jadi, semua dikembalikan pada kita sebagai masyarakat untuk pinter-pinter memilah mana yang patut menjadi konsumsi kita.

Kami generasi nunduk alias sibuk live tweet hehehe
Banyak tontonan yang tidak berkualitas, tapi dipertahankan karena rating. Pornografi yang dikonsumsi tidak sesuai kemampuan yang melihat, dapat menyerang 5 titik saraf di otaknya. Ini lebih berbahaya daripada NAPZA yang menyerang 3 titik. 
Ayo sensor mandiri!
Kemudian, ada narator yang menghibur dari Pegadaian. Oke..., mungkin lo juga sama kayak gue, mikir kalo Pegadaian itu buat orang yang kepepet pas butuh duit. Di sini gue tercerahkan kalo sekarang Pegadaian punya beragam program yang menunjang kita buat berinvestasi. Mulai dari arisan emas sampai tabungan emas. Ah, macem-macem deh. Kalo mau tau lebih lanjut, download aja aplikasi Sahabat Pegadaian di Playstore.
Ketika butuh uang, boleh ke Pegadaian. Ketika kelebihan uang, bisa investasi di Pegadaian.
Sebelum masuk ke local speaker, ada Kak Lusia dari Genflix. Nggak asing dong, sama yang ada flix flix-nya gini?! Genflix adalah salah satu adalah OTT (Over-The-Top) platform yang menyediakan video streaming premium. Ada ribuan channel yang mereka sediakan. Buat yang suka nonton bola segala liga, Genflix mewadahi live channel juga. Selain itu, Genflix cukup konsen untuk menayangkan film-film Indonesia yang udah nggak ada di bioskop. Dengan kayak gini, ya harapannya pembajakan semakin minim.

Kulotnya bagus ya...
Go to local speakers!

Yang pertama ada Bang Firman. Beliau mendiskusikan soal SEO dan kegunaannya. Selain untuk menaikkan trafik dan mendatangkan sale value, SEO juga berguna sebagai branding. Misalnya nih, saat kita melakukan pencarian suatu perusahaan di mesin pencari. Nah, tau-tau suggestion yang muncul adalah perusahaan tersebut menipu. Hal kayak gini bisa ditanggulangi dengan teknik SEO untuk membuat branding perusahaan itu menjadi positif di internet.

Salam kenal Bang Firman!
Dan yang kedua sekaligus pembicara terakhir adalah Bang Agoez Perdana. Temen-temen Blogger Medan tentu nggak asing sama yang satu ini. CEO Kabar Medan tersebut ngasih setidaknya lima tip dan trik dalam membuat konten yang viral. Miliki ikon share ke berbagai media sosial, konten emosional yang menggugah perasaan pembaca, konten-konten practical atau how-to, "gue banget content", dan konten yang sedang tren bisa menjadi kunci pembuatan konten yang viral.

Bang Agoez Perdana dengan kebapakannya #eh
Content is the king. Distribution is a queen.
Itulah gambaran pengetahuan yang gue dapet dari Excite Roadblog Medan 2016. Dan di hari tersebut, gue layak dinobatkan sebagai banci gratisan se-Blogger Medan. Kenapa? Di pembukaan acara, gue langsung dapet agenda keren dari Venom Indonesia karena menjadi salah satu dari lima pengisi daftar presensi paling awal.

Senyum paling sumringah di pagi yang cerah

Saat MC bertanya adakah blogger yang pernah review film, gue maju ke depan, lalu dapet oleh-oleh voucher 25k. Ketika kuis rebutan dari Pegadaian, gue ngacung sambil baca brosur yang mereka kasih. Alhasil, gue dapet goodie bag dari Pegadaian. Yang terakhir..., gue menang livetweet dan berhak atas voucher 100k. Nggak maruk, kan? Sekali-kali....

Hasil berburu seharian...
Berbagai brand yang mendukung terselenggaranya event ini pun, membuat lomba blog yang dapat diakses di Excite Point. Ini eksklusif untuk kita-kita yang ikut acaranya. Nyesel dong, lo yang udah daftar, tapi nggak jadi dateng. Dengan terlibatnya blogger dalam kegiatan kayak gini, harapannya adalah agar blogger kabar baik bisa menanamkan virus-virus positif lewat jejaring virtual.

Gimana temen-temen di kota lain yang juga dikunjungi sama Excite Roadblog Medan 2016? Seru banget, kan? Ah ya, semoga tahun depan lebih luas lagi area yang disambangi oleh Excite, ya.

Wuiiih, pesertanya putih-putih banget sampe sewarna sama dindingnya....

Keluarga Blogger Medan di Excite Roadblog Medan 2016




Dokumentasi oleh @dinenno

You Might Also Like

7 comments

Comments
7 Comments
  1. Menarik tentang content is king, distribution is queen. Baru tau kalo sebuah artikel itu nggak cuman konten yang jadi acuan utama dalam menentukan kualitas, tapi distribusinya juga. Jadi pengen tau, gimana sih mbak distribusi yang baik itu?

    Apa hanya dengan mengandalkan organic traffic bisa jadi metrik sederhana untuk menentukan seberapa bagusnya konten tersebut didistribusikan? Menarik nih.

    ReplyDelete
  2. Mau banget ikutan event kayak gini.

    ReplyDelete
  3. keluarga blogger medannya besaaar sekali ya

    ReplyDelete
  4. Mupeng sekali lihat acara ini :D
    Sayangnya gak sampai diadakan di Lombok. Hiks :(

    ReplyDelete
  5. Kamu kok hebat, kak? Langsung borongan gitu hadiahnya.. Hohoh.. Selamat, ya :)

    ReplyDelete
  6. pasti seru dan nambah pengalaman baru.. sayang gak nyampe kota saya. tapi makasih mba atas sharingnya. he

    ReplyDelete
  7. Keren di medan sering ada event-evet blogger huehehe. di kota gw ada tapi kayak pertemuan sekte gitu jadi jarang dapet infonya. nice inpohh. btw pertama komen di blog mbaknya ini

    ReplyDelete