Sabar Itu Apa?

4:57:00 PM

Sabar Itu Apa? - ! Diary KhansaHolla readersGue udah lama nggak berkeluh kesah di blog. Sebenarnya, sibuk nggak bisa jadi alesan. Emang guenya aja yang males nge-blog dan lebih milih nge-date sama Adam Levine. Etjie...


AYANG & AKOH
Kali ini, izinkan gue cuap-cuap tentang hal yang mungkin dekat dengan keseharian kita. Tentang sebuah hal bernama sabar. Berat nggak tuh bahasan gue? Meskipun gue bukan turunan Om Mario atau Tante Merry Riana, boleh kan, gue bahas kayak ginian? Apa? Nggak boleh, nih? Ahelah, posesif amat lo kayak cewek!




Apa sih, sabar itu?

Kalo kata Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, secara harfiah sabar adalah tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati); tenang; tidak tergesa-gesa; tidak terburu nafsu.

Misalnya, lo lagi jemput gebetan buat diajakin nge-date"Bentar ya, Bang, dikit lagi siap...," kata tuh, cewek di depan pintu rumahnya. Doi masuk rumah, ngelanjut dandan lagi. Lima menit..., belum juga. Setengah jam, belum kelar juga. Terus, lo bilang deh, "Sabar gue sabar, demi dapetin hati si Eneng yang tjantik." Lima jam kemudian, nggak kelar-kelar juga. Eh taunya, doi nggak mau keluar kamar gara-gara katanya nggak punya baju. Sabar ye, Bro! Cewek emang suka gitu.

Sering nggak, sih, dalam keseharian dalam hidup, lo merasa untuk harus bersabar? Gue mau berbagi perspektif sedikit nih, soal esensi sabar.

Sabar adalah perjuangan

Ke mana ke mana ke mana... Ku harus mencari ke mana... Kekasiiiih tercinta, tak tahu rimbanya... Lama tak datang ke rumah...

Lagu itu mendadak booming di tahun 2011. Padahal, Ayu Rosmalina yang lebih dikenal dengan Ayu Ting Ting, udah ngebawain itu lagu dari tahun 2007. Butuh sekitar empat tahun untuk melambungkan nama sang biduan. Tak patah arang, Ayu Ting Ting sekarang bisa menjadi penyanyi dangdut yang namanya diperhitungkan di dunia musik Indonesia. 

Yap, sabar adalah perjuangan. Sabar bukanlah kepasrahan menunggu hasil begitu saja, melainkan
berusaha sekeras mungkin meski kegagalan tiba. 

Jika belum terkenal membuat Ayu berhenti menjajaki dunia dangdut, mungkin dia tidak akan kita kenal seperti sekarang. Kenyataannya, Ayu terus memperjuangkan jalan yang dia pilih. Walaupun ditinggal oleh mantan suaminya, Ayu tetap sabar dalam menjalani hari-harinya bersama si kecil. Jadi sekarang, Ayu udah punya kekasih yang baru belum? 
.
.
.
.
Eh, kok jadi ngegosip?





Sabar itu melegakan

Banyak orang males buat sabar karena merasa nggak ada manfaatnya. Buat apa sabar sama orang yang ngejahatin gue? Buat apa sabar buat bikin tugas kuliah yang kagak ada ujungnye? Buat apa sabar ngadepin dosen yang nyalah-nyalahin mulu kerjaannya? Ingat, berprasangka baiklah dengan masa depan, niscaya yang baik-baik akan segera datang kepada kita. 

Duh, udah bisalah gue ngegantiin komentator.... (Motivator woi, lo kata siaran bola?!)

Mungkin sekarang, mereka berbuat yang tidak menyenangkan kepada kita. Mungkin sekarang, kondisi yang ada tidak menyenangkan bagi kita. Syukur dan ikhlaskanlah. Kemarahan, kecemasan, dan frustasi tidak membuat keadaan membaik. Tidak membuat hati kita menjadi ringan. Tetapi, berbeda dengan sabar yang melegakan. 

Mungkin sekarang, kita sedang diajarkan oleh Tuhan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sabar bukanlah kebodohan

Kata orang, sabar itu ada batasnya. Hmm... siape tuh, yang kali pertama bilang begitu? Kalo emang sabar ada batasnye, emak gue pasti kagak sangghuup ngebesarin gue sampe sekarang. Ya iyalah, mana sabar nunggu anak gede bertahun-tahun dan biayain ini itunya?!?

Nah, sabar itu tiada batas ya kawan. Cuma ya, manusia sendiri yang sering membuat batasan tersebut. Kalo lo merasa sabar banget karena bisa menahan marah, bisa jadi lo salah. Menahan marah belum tentu menyelesaikan masalah lo. So, sabar itu juga harus sesuai sikonnya.

Kerap kali, terlalu sabar membuat seseorang dianggap bodoh. Kayak si Jono yang naksir berat sama Sukiyem yang lagi kuliah di Inggris. Jono nunggu Sukiyem bertahun-tahun di Indonesia, berharap kalo sang gebetan pulang, Jono bisa ngelamar Sukiyem. Sabar dah tuh, ngelihatin foto-foto Sukiyem di Facebook. Eh, taunya nih, pulang-pulang ke Indonesia, Sukiyem nikah sama Brad Pitt. Jono masih aja sabar, nunggu Sukiyem jadi janda. Kalo dipikir-pikir, waktu bertahun-tahun yang dibuang sia-sia oleh Jono, bisa dia gunain buat ngedeketin Angelina Jolie.


Ya, tapi dasar emang Jono orangnya sabar banget! Sama kayak elo yang sabar banget masih baca postingan gue.

Itu beberapa poin yang mungkin kali ini bisa gue ceritain soal sabar yang komprehensif. Sabar oh sabar. Maknamu begitu luas bak jidatnya Olla Ramlan. Nggak kuat gue nulisin lo dalam satu postingan! Berani bayar berapa lo sabar, buat gue bikin cerita yang lebih banyak tentang lo?

Sabar bukanlah tindakan, melainkan motor ketika kita melakukan suatu tindakan. Sabar bukanlah bagaimana kita menjalani ketakutan dan rintangan, tapi sabar itu membuat kita menjalani segala yang telah ditetapkan tanpa mengeluh dan merutuk. Kesabaran adalah kemampuan untuk menanggung rasa
frustasi. Bukan sekadar menunda kemarahan, tapi melunturkannya. Bukan sekadar menahan marah, tapi berusaha menyelesaikan. Bukan sekadar pasrah dengan apa yang diberikan Tuhan, tapi pantang menyerah untuk keluar dari lembah kesulitan. Hazek!

Sabar suka diidentikkan dengan mengelus dada. Biasanya sambil bilang, "Sabar sabar..." Kalo yang ini, mereka sabar banget nunggu abang yang nggak pulang-pulang dan katanya kerja. Mungkin, mereka orang yang terlalu sabar, sehingga....


Ya... Lo ngertilah ya.... Source: detik


Ada yang bilang, sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari. Latihannya setiap saat. Ujiannya sering mendadak. Sekolahnya seumur hidup. Gimana sabar versi lo? 


You Might Also Like

15 comments

Comments
15 Comments
  1. Sabar versi gue sih enjoy aja. Udah.

    Duh, itu Pamela Safitri. Duh. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang kok gak pulang-pulang bang~~

      Delete
  2. sing sabar yo teh...belum sempat baca tulisannya, sabar yaa...hhe :D
    piye kabare mba e? sehat?
    u look so different right now... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku sabar Inan baca komen kamu, nggak ngerti.
      Baik Inan. Kamu gimana? >,<

      Delete
    2. hahaha...sory klo ane sok sok an pake englsih...hhe

      alhamdulillah baek mba,,,

      Delete
  3. Kalo aku sih, sabar itu menahan hal-hal yang diinginkan, tuk suatu hari yang lebih tepat lagi.
    begitulah.. btw salam kenal mbak funy :)

    ReplyDelete
  4. Sabar kerja buat bayar kuliah, jarang piknik, ga pacaran takut kuliah nya keteter. sabar kan :) mlipir ke blog ku dong pisangrasamangga.blogspot.com hehe

    ReplyDelete
  5. jadi itu rahasia duo serigala..... sabar

    ReplyDelete
  6. Sabar itu, ketika naik motor tiba-tiba di klakson sama truck atau bis, dan lo gak ngomel, meskipun dalam hati

    ReplyDelete
  7. sabar itu mudah dan sabar itu indah :)

    ReplyDelete
  8. sabar juga ada batasnya broh. hehe

    ReplyDelete
  9. Sabar itu belajar yang nggak pernah pakai selesai, belajarnya seumur hidup. hehe :)

    ReplyDelete
  10. Sabar bukanlah tindakan, melainkan motor ketika kita melakukan suatu tindakan. Sabar bukanlah bagaimana kita menjalani ketakutan dan rintangan, tapi sabar itu membuat kita menjalani segala yang telah ditetapkan tanpa mengeluh dan merutuk.

    Keren banget nih kata-katanya (y)

    ReplyDelete
  11. sabar itu ada batasnya, kalau batasnya habis ya... nangis.

    ReplyDelete