Dilema JKT48

11:03:00 AM

Dilema JKT48 - Dunia Entertain: Whaaat? Dilema? Itu bukannya judul lagu Chery Belle? #plaaak maksud gue bukan itu kok. Hmmm, pada tau JKT48 kan? Itu loh girlband baru! Eh, siapa yang bilang JKT48 itu girlband? Sini gue lempar pake ember bocor. Oh ya, JKT48 kan ‘PLAGIATNYA’ AKB48! Ups.. Sebelum kita memvonis JKT48 ini girlband atau plagiat, gue jelasin dulu deh ya sejarahnya.

JKT48 itu grup idola di Indonesia. Mereka ini sister groupnya AKB48 PERTAMA yang ada di luar Jepang tepatnya Jakarta. Grup ini emang mengadopsi konsep AKB48 "Idola yang bisa kamu temui”, secara keseluruhan diproduseri oleh Yasushi Akimoto. Maksudnya “Idola yang bias kamu temui” apa sih? Jadi, ngebuat grup-grup idola tersebut berbasis teater dimana para fans bisa ngelihat mereka tiap hari. Mereka gak cuman nyanyi dan dance aja, tapi juga jadi bintang iklan dan lainnya. Iklan pertama mereka adalah ‘Pocari Sweat’ dan yang kedua adalah produk ‘Laurier’.
Generasi Pertama JKT48
Pengumuman buat bentuk JKT48 ini pertama kali itu 11 September 2011 di acara AKB48 yang diadakan di Makuhari Messe di Prefektur Chiba. Jadi dibuka audisi gitu deh. Wawancara buat peserta dilaksanakan di akhir September, dengan audisi final pada 8 Oktober 2011 - 9 Oktober 2011.

Generasi pertama JKT48 dikenalkan pada 3 November 2011. Diantara 28 anggota, ada salah satu anggota yang berasal dari Jepang, namanya Rena Nozawa, berdomisili Jakarta. Produser Yasushi Akimoto mengatakan JKT48 menjadi "Jembatan persahabatan antara Indonesia dan Jepang". JKT48 tampil pertama kali di Jepang dalam konser AKB48 Kōhaku Taikō Uta Gassen, 20 Desember 2011 di Tokyo Dome City Hall. Pertunjukan tersebut ditonton oleh sekitar dua ribu orang penonton. Anggota AKB48 dan SKE48 yang keseluruhan berjumlah 155 orang dibagi menjadi dua tim, tim merah dan tim putih. Enam belas anggota JKT48 tampil di panggung sebagai bintang tamu sekaligus "kejutan" bagi penonton. Mereka membawakan lagu "Aitakatta" dalam bahasa Indonesia.

21 Desember 2011, JKT48 hadir di acara televisi Waratte Iitomo! di Fuji TV nyanyiin lagu Aitakatta yang liriknya diteruskan dalam bahasa Indonesia "Denganmu...".  Jujur, gue lebih suka lagu Aitakatta ini dibanding Heavy Rotation. Soalnya sastra Jepangnya juga lebih bagus. Hehehe. Enam anggota JKT48, Shania, Cleopatra, Rena, Nabilah, Melody, dan Ayana tampil dalam acara promosi pariwisata Indonesia yang diselenggarain Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Narita, 24 Desember 2011.
Pas  acara malam tahun baru Kōhaku Uta Gassen di televisi NHK Jepang, 31 Desember 2011, JKT48 tampil satu panggung sama AKB48, SKE48, NMB48, SDN48, dan HKT48 hingga mereka seluruhnya berjumlah 210 orang. Siapa lagi tuh SKE48, NMB48, SDN48, dan HKT48? Nah mereka semua itu adalah sister group AKB48 juga, tapi semuanya ada di Jepang. Jadi yah JKT48 ini pelopor sister group AKB48 di luar Jepang! Weeew.
Di pertunjukan yang dikasi judul "Kouhaku 2011 AKB48 Special MAX "Gambarou Nippon!" tersebut, "Kaze wa Fuiteiru", "Flying Get", dan "Everyday, Katyusha" dibawakan secara medley. Pada akhir lagu, anggota JKT48 ngebentuk formasi anggota menyerupai huruf hiragana "N" yang merupakan bagian dari seruan "Ganbarou Nippon" (がんばろう日本!!) ("Terus berjuang, Jepang!"?). JKT48 dapet pujian dari kapten AKB48 Minami Takahashi, "Setiap tahunnya jumlah huruf yang dibentuk makin bertambah, sehingga kecepatan membentuk huruf sangatlah penting. JKT48 yang paling pintar dalam membentuk huruf. Meskipun komunikasi dalam bahasa Jepang dan Inggris tidak lancar, mereka dapat membuat huruf yang sangat indah. Oleh karena itu, kami ingin belajar dari JKT dan berusaha lebih baik lagi.” Wow, berarti terbukti kan mereka punya kualitas?
Ini dia daftar member JKT48 Generasi pertama :
1. Allisa Astri
2. Alissa Galliamova
3. Ayana Shahab
4. Beby Chaesara Anadila
5. Cindy Gulla
6. Cleopatra
7. Delima Rizky
8. Devi Kinal Putri
9. Diasta Priswarini
10. Fahira
11. Frieska Anastasia Laksani
12. Gabriela Margareth Warouw
13. Siti Gayatri
14. Ghaida Farisya
15. Intania Pratama Ilham
16. Jessica Vania
17. Jessica Veranda
18. Melody Nurramdhani Laksani
19. Nabilah Ratna Ayu Azalia
20. Neneng Rosediana
21. Rena Nozawa
22. Rezky Wiranti Dhike
23. Rica Leyona
24. Sendy Ariani
25. Shania Junianatha
26. Sonia Natalia
27. Sonya Pandarmawan
28. Stella Cornelia

Siti dan Intan, personil yang ngundurin diri
Nah, jadi JKT48 ntar ada dua generasi. Generasi pertama berjumlah 28 orang dan generasi kedua 20 orang. Sayangnya, generasi pertama udah ada yang mundur, yaitu Siti dan Intan. Alesan mereka mundur murni tentang akademis. Yaa, mereka lebih milih ngejer prestasi akademis. Tapi, mereka tetep ngerasa JKT48 buat mereka banyak belajar. Semangat Siti dan Intan.
Oshi gue! Cindy Gulla manis seperty candy~
FYI :
AKB 48 = Akihabara48, Akibahara sebuah area di Tokyo dimana di lantai ke-8 toko Don Quijote terletak teater milik grup ini.
JKT48=Jakarta48, karena berpusat di Jakarta
SDN48=Saturday Night 48, karena tampil secara teratur setiap Sabtu malam Minggu (Saturday Night) di Teater AKB48, Akihabara, Tokyo.
SKE48=Sakae48, Nama SKE48 berasal dari nama lokasi gedung pertunjukan mereka, Sakae.
HKT48=Hakata48, berbasis di Hakata, Fukuoka
NMB48=Namba48, berbasis di Teater NMB48 yang berada di lantai dasar Gedung Yes-Namba, Namba, Osaka.
Btw, tanggal 25 Februari 2012 ini mereka akan tampil dan memeriahkan acara Festival Budaya Pop Jepang (FBPJ) 2012 di Balai Kartini, Jakarta, bersama AKB48 juga loh! Huwwoooow, kemaren ada bagi-bagi tiket gratis gitu. Selamet yaa buat yang menang! Hihihi tapi aku gak ikutan, abis tau infonya telat banget.

Ini video first performance live di TV :





Segelintir komen di channel JKT 48, sebenernya ada yang lebih sinis, cuma keburu diflag, belum sempet skrinsut
Banyak juga nih yang ricuh bilang kalo mereka plagiat banget. Gak punya khas Indonesia gitu. Yaaa, namanya juga debut. Buat promosiin debut awal mereka supaya hits dulu, ya memang harus berbau Jepang. Jangan cap mereka plagiat, karna sebenernya kan emang sistergroup. Istilahnya, buah jatuh gak jauh dari pohonnya. Kakaknya harimau, masa adiknya jadi gajah? Kan gak mungkin. Hahahaa lagian gue yakin, kelak JKT 48 punya hits sendiri yang Indonesia banget tentunya. So, jangan ngaku-ngaku fans AKB48 kalo masih bilang JKT 48 ini plagiat! So, jangan asal komen, mending googling dulu kalo gak tau mereka siapa.Yang jelas, gue jauh nikmatin JKT 48 dibanding AKB48, soalnya, yunow lah, vidclipnya AKB48 lingerie dan bikini. Fufufufu sangat berbanding terbalik dengan budaya timur ini.

Gue ngefans banget sama mereka, gue acungin jempol buat mereka. Bertalent! Gak cuman modal tampang, tapi prestasi juga gemilang. Sebenernya kan mereka bisa jadi inspirasi buat lebih semangat ngeraih mimpi. Ye gak? Diambil positifnya aja sih. Hehehehe.

Hmmm masih mau bilang JKT 48 ini girlband? Plagiat? Mau gue tabok? #eh

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/JKT48
http://www.jkt48.com/
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00016705.html

You Might Also Like

78 comments

Comments
78 Comments
  1. huweh. aku baru tau. tapi dari awal tau tentang jkt48 aku gak berfikir kalo mereka ini plagiat. beda ama girlband lainnya deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee emang banyak yg berpikir seperti itu, tapi perlu digaris bawahi, mereka bukan girlband =)

      Delete
  2. yang ian fikir itu gimana bagi honor nya yaa?? hhaa kan banyaak banget. sampe2 yang keliatan itu cuma bagian depan aja. kasiaan yg d blakang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha iya sih, tapi biasanya mereka manggung gak semuanya, tapi setengah2 gitu, lagian tau sendiri kondisi panggung di Indo. Btw, kalo makan bareng berasa di panti ya hahahaa

      Delete
  3. aku suka yg nomer 2 dari cewe kanan depan
    gak tau namanya siapa.wkwkwkw ==v

    ReplyDelete
  4. iya, kadang suka heran lihat org2 kita yg selalu nge judge duluan sebelum nyari tau kebenarannya.. -__-"
    kalau aku suka nabilah..imut2, yg paling muda dari semua klw gx salah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabilah emang imut banget. Senyumnya gak nahan =))
      iya, padahal kan bisa googling dulu

      Delete
  5. banyak beneeeerrr... >_<
    grup nyanyi paling banyak tuh cukup 5, eh ini 48? eh 28 ya? besok-besok aku dan temen2 sekelas mau ikutan girlband ah. kebetulan dikelas ada 33 orang #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. muahahahaha lagian mereka bukan girlband mba chilvi xD
      idol grup.. emang sih ya rame banget, tapi ini demi kepuasan fans juga sih, soalnya dengan begitu, mereka bisa nampil di berbagai tempat, jadi bagi2 gt

      Delete
  6. berkunjung di blog sobat,,,,,,,,,,,

    nice share sobat and happy blogging

    ReplyDelete
  7. pas pertama tau JKT48 juga udah ngira kalo itu tuh versi (resmi) Indonesianya yg AKB48, bukan plagiat..
    soalnya ngeliat nama grupnya yg hampir sama, dan mereka nyanyiin lagunya dlm versi indonesia..
    salut buat mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak mungkin plagiat kalo begitu, bisa dihajar massa xD hahahaa

      Delete
  8. Mereka itu perform nya bagus :-)
    Jujur, dari pertama iklan pocarin sweat, gue penasaran cari web mereka, liat vidio perfom mereka yg juga ada di post nya puni ini :D
    Ayo mana KK48 mana suaranyaaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aku disini, BDG48 muahahahahaha \m/
      Di pocari kece banget yak =))

      Delete
  9. Mereka itu perform nya bagus :-)
    Jujur, dari pertama iklan pocarin sweat, gue penasaran cari web mereka, liat vidio perfom mereka yg juga ada di post nya puni ini :D
    Ayo mana KK48 mana suaranyaaaah

    ReplyDelete
  10. kalo gt sejarahnya sih bukan plagiat namanya, tp SISTER, sodarah, produsernya aja sama! Ganbatte yak buat JKT48! Harus lbh keren and famous drpd para plagiat girl and boyband dr korea. Mheuhuehe ;3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget nis. mereka itu kan resmi. bingung dengan opini2 nyeleneh tanpa dasar~

      Delete
  11. coba ane ikut Audisi AKB48 di Chiba.. kan bisa terkenal gettoooh #alay #AneKanCowokYah ._.V

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana tau AKB48 buka buat couple gitu hahahaha #mimpi

      Delete
  12. Hohoho iya pun, aku juga udah baca ttg ini, awalnya kok namanya sama dan lagunya sama, dan ternyata... oh... tapi aku gak langsung mengecap itu sebagai plagiat :D cemungudh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. muahahahaha makanya baca dulu, kalo kamu bilang plagiat, aku kirim setan :p

      Delete
  13. Katanya ada member yang masih SD ya, kak pun? Btw, member JKT48 paling tak sukai namanya Funy. Umurnya 17 tahun. Kalo ke kampus naik elang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ealaaaah kau membuatku pengen ganti nama twitter jadi @FunyJKT48 woakwoaaak :p

      Delete
  14. wah... baru tau aku tentang ini :) sempet bingung sih antara AKB48 dan JKT48 apaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan kan nambah update ttg industri musik =)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. muahahahaha dasar wilgan >,<
      iyap bener banget. semacam ga punya khas gt yah. tapi kalo sister grup mah wajar, soalnya emang dituntut seperti itu. btw, tetep jadi sonesia dooong <3

      Delete
    2. betulll....tapi banyak orang indonesia yang beranggapan (karena banyaknya plagiaters) kalau JKT48 ini juga disebut plagiat -__-"
      ababil dasar yang buat blog ini, #eh mksdnya yang berpikiran seperti ini :D
      ooohhh tennttuu sajaa laaahh
      sonesia dan sooyoungster~ :D

      Delete
    3. eleeeeh asyeeem aku diledekin! uuuh *ngadu sama onnie tiff*

      Delete
    4. aammppyuunnnn nanti aku dimarahin sooyoung noona...

      Delete
  16. pengen komen, tapi bingung mau komen apa.... hahahaha
    #kaburtakutditabok

    hehehe becanda, Top buat JKT48 udah diundang ke jepang ngewakilin Indonesia,(eh bner ya?) maaajuuu teruusss diantara plagiat plagiat yang jelas BANGET menirunya, mulai dari jumlah member dan "gayanya" bahkan nada lagu nya pun ada yang sama -__-"
    padahal bukan sister grup atau brother grup nya yang ditiru
    #stop ah ntar makin nafsu amarah @__@

    *tadi iseng delete postingan :P maklum org jarang maen ke blog orang lain. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. atulah kamu niat banget ini sampe komen dua kali. heeeaaaa selamat berkampus ria lagi, tetap menanti konser snsd di indo xD

      Delete
    2. iya thank you teh -___-
      rumor yang beredar, klo SuperShow 4 sukses di Indo, snsd menyusul tahun depan
      #kataaaanyyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

      Delete
    3. AMIIIIN! moga beneran. ntar nonton bareng deh amin. hehehe

      Delete
  17. oh yang iklan pocari anak anak jkt48 toh. . . (*bacane piye to mba?jekate , jakate atau jeikeiti?#banyak tanya!)
    cuantik2 tenan yo ...ckkckckckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo wong londo, jeikeiti, kalo aku jekate aje hahahaha ayu tenan :))

      Delete
  18. wuihhh..banyak banyak anggotanya...gak ribet apa ngatur cewek sebanyak itu, terus honornya jadi dapat dikit dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo lagi makan bareng di resto, mesennya beda2, hahaha bingung dah tuh

      Delete
  19. ooon jadi yang ngebentuknya juga menejemen AKB48 ya?

    ReplyDelete
  20. khawatir roboh panggungnye klo mreka pda manggung >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. muahahaha biasanya sekali manggung ga langsung semuanya kok

      Delete
  21. aseli jadi bikin penasaran, pengen lihat aksinya JKT 48..

    kunjungan pertama, salam kenal dan foll back ya.

    Revolusi Galau

    ReplyDelete
  22. Ane ga sabar nungguin MV Heavy Rotation versi JKT48.
    Kemarin udah lihat teaser-nya, dan alhamdulillah ga sama kaya' versi AKB48 #ifyouknowwhatImean

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya belum ada mv yang full version. hehehe i know lah, penuh lingerie (-"-)

      Delete
    2. Bener, gua malah sempat mikir "kalau dibikin dengan konsep MV yang sama dengan AKB48 pasti bakalan ada bentrok lagi" :p

      Delete
    3. hahahaa ini budaya timur bang mana penuh kontra xD

      Delete
  23. wah keren tuh, kalo kompak pasti lebih bagus, oia funy salam kenal ya, sekalian ijin follow blog ini :)

    ReplyDelete
  24. hihihi...
    personilnya cantik2 dan imut2 yah...
    kayak aku... #MintaTabok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu cantik cantik dari hatimu *pasang tangan di dagu* #eh

      Delete
  25. wah numpang nyimak aja yak. . . ndak tau soal girl band

    ReplyDelete
  26. yang SDN48 ntu kayak kepanjangan Sekolah Dasar Negeri nol empat delapan. haha. makasih ya inponya.. :D kalo gini kan gak bisa ngejudge sembarangan.. karna ada dasarnya.. btw salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bisaaa xD hahaha ngakak.
      iyaaa makasi, salam kenal juga xD

      Delete
  27. aye baru tau ada istilah JKT48 aje dari blog nie, kelamaan di goa kali ye aye.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha makanya jangan bertapa aja, main ke blog aku aja #modus :p

      Delete
  28. Jkt48 girl grup indonesia paling debest.
    SNSD Girl band paling de best di Dunia.

    I'Am Sone(SOWON)

    ReplyDelete
  29. wkwkwkwkwk :D
    maklumi aja tradisi org indon sk ceplas ceplos tnp mikir...wkwkwkwk :d
    jd smwx d cap plagiat..wkwkwkwk :D
    utg g ada bau sara yac dsni...kkwkwkwkwkw :D
    tp klo blh coment aq pgn coment ni....shrsx srgam JKT48 gnti donk stp perform msk bwt MV n k jepang smp konser AKB48 d jakarta srgamx ttp itu" az......cb srgamx pkek yg corak batik colourfull n lucu ks ya....y mga JKT48 isa sukses n punx lgu sndri klo isa nt lgux d bwain oleh AKB48.....klo isa lg bkin film jg......btw kaptenx JKT48 ini sp ya???

    ReplyDelete
  30. Hampir semua member jadi favorit Rendy :p

    ReplyDelete
  31. AKB48 memang sering buat video klip dengan bikini, tapi hanya pada musim panas aja kok, di jepang wajar lah dipantai pakai bikini, bukannya di Bali juga demikian?

    ReplyDelete
  32. Huaa! Aku kemaren Audisi,gak diterima,tau! )':

    ReplyDelete
  33. ide bagus ada girlband yang personilnya bsa ampe banyak kaya gtu... py trlalu banyak gg jdi kurag asyik ntonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan berkomentar, ya?

      Mereka ini bukan girlband, tapi idol group. Girlband dan Idol group itu ... serupa tapi tak sama (googling sendiri, ya, apa perbedaannya, aku juga belum begitu paham)

      Tapi buatku, sih, ga masalah juga kalo anggotanya sebanyak itu (bahkan AKB48 punya anggota hingga lebih dari 60 orang). Karena, mereka bisa ambil banyak job dan tetap bisa tampil rutin di teater resmi JKT48.

      Delete
  34. Kenapa banyak yg ngejudge sembarangan ya??? Aneh ^_^" Ganbatte JKT48!!! SNSD juga bagus. Gk sabar nungguin konsernya deh. I am Sone... Ganbatte ne JKT48 \(^^)/

    ReplyDelete
  35. Habis baca komen2 disini pengen ngakak rasanya. Udh dibilang ini bukan girlband ehh malah dibilang girlband lg --"

    ReplyDelete
  36. JkT 48 emang keren sih...
    Tapi sayang itu hanya budaya dari luar.Maklum zaman globalisasi gituhh.
    Bukan utk menynggung JKT48 membernya terlalu pamer paha,gw gak prnah liat membernya pake Cel-pan, kan bukan indonesia namanya,karna negara kita ialah negara penganut islam terbesar dunia !!!!!
    MARI KITA SADAR

    ReplyDelete
  37. JKT48 bukan girlband? wkwkwkwk.... tau gak sih artinya girlband itu apa? emg selama ini fokus jkt48 di dunia hiburan indonesia apa boss? teater? bintang iklan? sinetron? apa musik sih? hufftt....
    jkt48 tidak plagiat? mulai dari baju perform, musik ampe koreografinya nyontek abis di 'kakak' akb48 masih dibilang tidak plagiat? wkwkwkwkwwk...... tau gak sih arti plagiat itu apa?
    Dan yg paling parah adalah saking plagiatnya, tuh lirik semua lagunya adalah hasil translate lirik dari versi bahasa jepangnya yang menurut gue sangat parah abis.... mau bukti? baca aja liriknya langsung tanpa musik.
    Versi bahasa indonesianya bukan seperti lirik sebuah lagu, tp cuman hasil translate doang kan? masih mending lirik girlband yg lain yg emg dibuat utk sebuah lagu hehehehe....
    Udahlah para fans jkt48 gak usah mengelak apalagi pengen menegaskan bahwa jkt48 itu bukan girlband dan plagiat meski kenyataannya emg spt itu. Org indonesia udh pinter dan tau kok arti girlband dan plagiat itu apa. Jgn berlindung di bawah kata 'sister' akb48 deh klo konsepnya masih 100% niru tp enggan dibilang plagiator huftt.....
    Ngomong2 kapan nih bikin video klip yg pake bikini doang? pengen liat nih 'sister' akb48 pake bikini2 hahahahaha......

    ReplyDelete
  38. Bodo amat sih yg komen nih. Mungkin anda sendiri yg tdk tau bedanya sister group dgn plagiat. Asal komen, g percaya fakta n sok tahu bgt. Mereka g pake bikini soalnya di indonesia kan bjunya sopan2 & klo pke bikini org2 pada kget smua (soalnya kan g sopan). Mereka nyanyi lgunya akb yg ditransletin soalnya klo mreka debut pke lgu sendiri bkl langsung dibilang plagiat sm org2 smpe skrg,walaupun jkt sendiri udh bilang klo mrka sistergroupnya akb. Dan mereka bkn GIRLBAND. Walaupun girlband & idol group itu sama,tpi beda KONSEP. Klo mau bales, harap cri dulu bukti klo jkt itu sister groupnya akb,jgn bacot.

    ReplyDelete